POLITEKNIK BATAM MASUK KATEGORI SMART CAMPUS


Selasa (15/7) Politeknik Batam kedatangan sejumlah juri dari Indonesia Information and Communication Technology Award 2008 (INAICTA – 2008). Hal ini merupakan kelanjutan dari keikutsertaan Politeknik Batam dalam INAICTA-2008 Kategori Telkom Smart Campus Award (TESCA).

TESCA merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada perguruan tinggi yang memiliki keinginan untuk meningkatkan Information and Communication Technology (ICT) di perguruan tingginya.

Politeknik Batam sendiri masuk 8 besar kategori Smart Campus se-Indonesia. Hal ini diperoleh setelah seleksi awal yang dilakukan oleh tim juri berdasarkan kuesioner dan dokumen yang telah diisi oleh para peserta yang kemudian dihasilkan perguruan tinggi yang memenuhi kriteria penilaian untuk kemudian dikunjungi sebagai bentuk proses penilaian selanjutnya.

Pada kunjungan kemarin tim juri melakukan proses penilaian dengan presentasi dari tim peserta selama 30 menit, yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab selama 30 menit dan peninjauan lapangan selama 60 menit.

Smart Campus merupakan segala bentuk penerapan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar dan penelitian pada sebuah institusi pendidikan dalam rangka menambah efektivitas dan efisiensi proses tersebut. “Mulai 2003 kita mulai menggunakan sistem online” terang antok salah satu staff dosen Politeknik Batam yang merupakan koordinator pengelolaan smart campus di Politeknik.

Adapun beberapa TIK yang telah diterapkan oleh Politeknik Batam ialah berupa daftar ulang , pembayaran serta melihat nilai secara Online dengan menggunakan SIMPOL, selain itu pemberian materi juga dilakukan secara online dengan menggunakan E-learning, beberapa laboratorium digital juga area hotspot di tiap lantai merupakan penerapan TIK di Politeknik.

Dalam penjurian yang dilakukan kemarin salah satu produk TIK yang diunggulkan oleh Politeknik Batam ialah SIMPOL. “ya simpolnya ini, itu kan enak tuh bisa daftar ulang..”jelas antok ketika ditanya tentang produk apa yang diunggulkan untuk penjurian nanti.

Pemenang TESCA ini rencananya akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2008 nanti. “Yang jelas tanggal 8 Agustus, pengumuman pemenang langsung kita kasih award,” ungkap salah satu juri TESCA yang berasal dari Telkom ini. Dengan adanya TESCA ini diharapkan dapat menjadi nilai jual bagi kampus sebagai kampus yang sudah modern dan menerapkan sistem online dalam proses belajar mengajarnya.

Konsekuensinya sendiri bagi politeknik jika terpilih sebagai pemenang TESCA diharapkan dapat lebih mudah bekerja sama dengan berbagai institusi industri yang bergerak di bidang IT karena Politeknik Batam sudah menerapkan fasilitas IT, serta menjadi nilai jual yang baik bagi Politeknik pada masyarakat. (tvx/srm)

Related

Break 9212490255827482082

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item