Langkah Awalku



Sinar mentari telah hadir di pagi itu,yang lama kelamaan menusuk celah-celah jendela kamarku . Detik demi detik sinar itu terus menghampiri dan menyelinap di dalam raga ini, sehingga membangkitkan semangat yang mengelora di benakku . Pikiranku pun terus bertanya dan bertanya apakah benar aku ini sudah mahasiswa? apakah aku ini sudah pantas dikatakan mahasiswa? dan beribu-ribu pertanyaan yang belum aku dapatkan jawaban yang pasti.

Langkah pertamaku telah ku langkahkan pada hari itu. Tepatnya  senin,10 September 2012 langkah itu telah ku pijakkan dengan sejuta harapan dan beribu-ribu cita-cita yang aku gantungkan di jendela anganku. Semangat yang menggelora di dada ini tak bisa terkalahkan dengan berbagai keresahan hati ku akan dunia yang baru saja akan aku hampiri. Saat itu tiba tepatnya pukul 07.30 WIB aku memijakkan kaki di kampus yang sejuta anggan dan harapan aku gantungkan,yaitu POLITEKNIK NEGERI BATAM.

Senyum yang semeringah dibibir ketika menyapa bapak-bapak yang telah menyambutku dengan kehangatan senyuman mereka membuat hati ini semakin yakin tidak salah aku menginjakkan kaki disini.

Teman-teman yang sebagian besar belum aku kenal ternyata juga sudah datang dan sama sepertiku bingung untuk melakukan apa. Bersama teman-teman kelasku ynag juga sudah datang disana ,kami memasuki kelas pertama di kampus ini. Hati ku terus bertanya-tanya apakah benar aku ini sudah mahasiswa,apakah iya?gimana kuliah itu?apakah sama seperti sekolah?dan berbagai pertanyaan yang ingin aku dapatkan jawabannya saat itu juga.

Perbincangan demi perbincangan terus kami lakukan untuk mengisi kekosongan sesi pertama. Pintu kelas tetap tertutup rapat dan belum terdapat tanda-tanda kedatangan dosen pertamaku dikampus ini.

Selang berapa waktu dosen pertamaku datang ,langkah demi langkah dia ayunkan hingga menghampiri  tempat duduknya. Ternyata  diriku sudah tak asing lagi dengan bapak yang berpostur tubuh tinggi menjulang,rambut licin berbinar dan berkulit agak kecoklatan telah duduk tepat didepanku, ialah pak Seto dosen akutansi dasar yang akan mengajariku. Tiga sesi pun tidak terasa telah berlalu dengan cepatnya. Kembali pikiranku melayang,mau kemana lagi langkahku ini akan ku ayunkan.

Ku kumpulkan semua keberanian ku untuk melangkahkan diri ke perpustakaan yang ada di bagian kanan kampus ini. Masih  terniang dalam ingatanku pertama aku masuk kedalam perpustakaan itu dan akan aku kenang dalam hidup ku ini.

Hari demi hari pun telah terlewat ,angan-angan yang telah aku gantungkan akan mulai satu persatu aku wujudkan dalam hidupku. Langkah pertama yang aku ayunkan dilingkunagn kampus dengan mengikuti kepanitiaan Malam Keakraban Mahasiswa(MKM) yang sebentar lagi akan berlangsung. Berbagai pembukaan dari berbagai organisasi yang terkemuka di POLITEKNIK NEGERI BATAM telah memasang brosur-brosur yang di tempel di setiap mading dan learning yang ada dikampus. 

Seperti para maba lainnya aku pun se antusias mereka,formulir-formulir telah disediakan di koperasi yang berada di samping kiri lobby kampusku. Berbagai wawancara dan pertemuan pun terlangsung dengan sangat baik dan teratur. Pilihanku hanya ke Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM)  dan Lembaga Pers Mahasiswa(LPM).

Bukan  hanya berbagai ilmu yang aku dapatkan disini tapi juga berbagai pengalaman,makna hidup,dan teman-teman baru yang satu persatu aku kenal dan berbagai motivasi, inspirasi, dan ilmu yang diberikan kakak-kakak angkatan, dosen-dosen, para pemimpin perusahaan, dan motivator ketika aku duduk di lantai yang luas pada Masa Orientasi Mahasiswa berapa waktu yang lalu.

Sekarang aku mengerti apa tujuan dari Masa Orientasi Mahasiswa itu,mahasiswa bukan hanya  datang tepat waktu di kampus,masuk kedalam kelas,duduk dengan manis,mendengarkan dosen mengajar,dan pulang ketika waktu sesi habis. Sungguh sangat rugilah mahasiswa seperti itu,hanya menghabiskan waktu dengan percuma tanpa diisi dengan berbagai kegiatan yang positif yang ada dikampus ini.

Mahasiswa bukan hanya belajar dan mendapatkan IPK yang tinggi tapi harus mempunyai keperibadian yang baik,bagus dalam organisasi,dan pintar menempatkan diri dengan lingkungan sekitarnya.

Disini lah aku tahu,ternyata aku bisa menyalurkan bakat ku yang lama ini aku pendam dan aku simpan dalam-dalam di dasar otakku. Kebungkamanku selama ini ternyata telah banyak merugikanku dan lingkungan sekitar. Disinilah aku akan membuktikan jika kita mau berusaha dan bekrja keras sebaik mungkin kita  akan mendapatkan hasil yang baik pula.


Oleh: Sri Wahyuni
Jurusan Akuntansi Manajerial

Related

Artikel 4937292888673916699

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item